Hadiri Prosesi Adat Ngitung Batih di Dongko, Wabup Trenggalek : Semoga Bisa Membawa Berkah Bagi Masyarakat Dongko dan Trenggalek Pada Umumnya

    Hadiri Prosesi Adat Ngitung Batih di Dongko, Wabup Trenggalek : Semoga Bisa Membawa Berkah Bagi Masyarakat Dongko dan  Trenggalek Pada Umumnya
    Suasana acara adat Ngitung Batih di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek

    Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara menghadiri prosesi Adat Ngitung Batih di Kecamatan Dongko, Sabtu (30/7/2022).

    Dalam acara tersebut, Syah sapaan akrabnya mengikuti semua rangkaian kegiatan upacara adat Ngitung Batih.Mulai dari arak - arakan pusaka, kirab dayang - dayang yang membawa takir plontang (makanan dalam mangkuk daun) serta tumpeng dari jalan raya Dongko menuju pendapa kecamatan.

    Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Murwakala doa bersama agar bisa terhindar dari marabahaya.Sedangkan dayang - dayang itu sendiri merupakan perwujudan dari anggota keluarga.Selain itu, panitia juga menggelar acara pentas seni selama 5 hari berturut - turut.

    Usai mengikuti rangkaian acara tersebut, Syah mengharapkan agar acara adat Ngitung Batih ini bisa membawa berkah bagi masyarakat Dongko dan Trenggalek pada umumnya.

    " Kita berharap semoga acara ini bisa membawa berkah kepada semua masyarakat.Apa yang dicita - citakan dalam acara ini bisa tercapai, " ucapnya.

    Selain itu, Syah juga mengapresiasi usaha seluruh masyarakat di Kecamatan Dongko dalam melestarikan budaya yang digelar secara rutin setiap tahun.

    Sekedar informasi, dalam acara tersebut juga digelar lepas benih dalam hal ini ayam betina dengan harapan sebagai simbol kebaikan ekonomi masyarakat.Ayam yang disebar tersebut diharapkan bisa beranak pinak dan mampu menopang perekonominan masyarakat (ags).

    trenggalek
    Agus Riyanto

    Agus Riyanto

    Artikel Sebelumnya

    Wabup Syah Nata Kukuhkan Anggota Baru Pramuka...

    Artikel Berikutnya

    Kominfo Trenggalek Ikut JKF 2022 di Kota...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    Sejarah Penyebaran Islam Pertama kali di Pulau Samosir Sumatera Utara
    Asri Tadda: Bagaimana Gerakan Perubahan Usai Pilpres?
    Sambut May Day 1 Mei 2024 Kapolda Jatim Ajak Serikat Buruh Jaga Sitkamtibmas 

    Ikuti Kami